Rabu, 20 April 2016

Struktur Organisasi

R-R B'nana & Roti Goreng



JOB DESCRIPTION R-R B’nana & Roti Goreng

·         Direktur

1.      Bertanggung jawab dalam memimpin dan menjalankan perusahaan
2.      Bertanggung jawab atas kerugian yang dihadapi perusahaan termasuk juga keuntungan perusahaan
3.      Merencanakan serta mengembangkan sumber-sumber pendapatan dan pembelanjaan kekayaan perusahaan
4.      Bertindak sebagai perwakilan perusahaan dalam hubungannya dengan dunia luar perusahaan
5.      Menetapkan strategi-strategi stategis untuk mencapai visi dan misi perusahaan

·         Manager marketing
1.        Menetapkan tujuan dan sasaran jalannya operasional perusahaan dan strategi penjualan kepada konsumen.
2.        Membuat analisa terhadap mangsa pasar dan menentukan strategi penjualan terhadap konsumen atau pelanggan.
3.        Menganalisis laporan yang dibuat oleh bawahannya.
4.        Memberikan pelayanan yang prima kepada setiap konsumen atau pelanggan.
5.        Bertanggung-jawab terhadap perolehan hasil penjualan dan penggunaan dana promosi
6.   Manajer pemasaran membina bagian pemasaran dan membimbing seluruh karyawan dibagian pemasaran.

·         Manager produksi
1.      Merencanakan dan mengatur jadwal produksi untuk semua jenis produk
2.      Mengatur pengalokasian sumber daya produksi seperti jam kerja mesin, jam kerjaoperator, pengiriman bahan baku yang berhubungan dengan proses produksi.
3.      Melakukan pengawasan dan pengendalian produksi agar hasil produksi sesuai denganspesifikasi dan standart mutu yang telah ditetapkan
4.      Merencanakan perawatan mesin-mesin agar dapat beroperasi dengan lancar
5.      Membuat laporan produksi secara berkala mengenai pemakaian bahan baku.
6.      Bertanggungjawab terhadap kelancaran proses produksi mulai dari penerimaan bahan baku sampai proses produksi hingga menjadi produk akhir

·         Manager keuangan
1.      Merencanakan dan meramalkan beberapa aspek dalam perusahaan termasuk perpencanaan umum keuangan perusahaan
2.      Mengambil keputusan penting investasi dan berbagai pembiayaan serta semua hal yang terkait dengan keputusan tersebut
3.      Menjalankan dan mengoperasikan roda kehidupan perusahaan seefisien mungkin dengan menjalin kerja sama dengan manajer lainnya
4.      Penghubung antara perusahaan dengan pasar keuangan sehingga bisa mendapatkan dana dan memperdagangkan surat berharga perusahaan


·         Supervisor
1.      Menyampaikan kebijakan yang disampaikan oleh jabatan di atasnya kepada seluruh bawahan dan groupnya
2.      Mengatur kelompok kerja pada grup yang dipegangnya
3.      Memimpin dan memotivasi bawahannya
4.      Menegakkan aturan yang telah di tentukan oleh perusahaan
5.      Membuat rencana jangka pendek untuk tugas yang telah ditetapkan oleh atasannya.
6.      Mengontrol dan mengevaluasi kinerja bawahan
7.      Memberikan info pada manajemen mengenai kondisi bawahan, atau menjadi perantara antara pekerja dengan manajemen.


·         Sales

1.      Untuk memotivasi calon pelanggan agar ia bertindak dengan suatu cara yang dikehendaki olehnya yaitu membeli.
2.      Dapat mengarahkan sasaran mana dan kepada siapa produk akan ditawarkan dan dijual.
3.      Dapat meyakinkan atas manfaat dan kelebihan produk yang ditawarkan.
4.      Dapat meyakinkan calon pelanggan yang diketahui ragu-ragu dalam mengambil keputusan atau menentukan pilihan.

·         Kepala Gudang

1.           Melakukan penerimaan barang dan meneliti apakah barang yang sesuai dengan faktur pembelian dan surat pesanan
2.           Mengecek kesesuaian antara surat pesanan (SP) pembelian dengan fakturnya
3.           Membuat Bukti Barang Masuk (BBM)
4.           Menyiapkan barang sesuai dengan surat pesanan (SP) dari relasi untuk dikirim
5.           Mengkoordinir bagian stock keeper


·         Stock Keeper
1.      Menjaga keamanan harta perusahaan dan dokumen penting yang berada dalam pengelolaannya
2.      Melakukan pengiriman barang ke relasi sesuai dengan faktur penjualan tepat waktu
3.      Menerima barang retur penjualan dan expired date dari relasi untuk diserahkan ke kepala gudang.
4.      Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kerja kepada kepala gudang. Menjaga keamanan barang sampai tujuan.

  • Cashier

1.       Menjalankan proses penjualan dan pembayaran
2.       Melakukan pencatatan atas semua transaksi
3.       Membantu pelanggan dalam memberikan informasi mengenai suatu produk
4.       Melakukan proses transaksi pelayanan jual beli serta melakukan pembungkusan
5.       Melakukan pengecekan atas jumlah barang pada saat penerimaan barang
6.       Melakukan pencatatan kas fisik serta melakukan pelaporan kepada atasan.

·         Chef

1.      Mengelola dapur yang menjadi tanggung jawabya.
2.      Membuat purchase order ( bahan-bahan ).
3.      Membuat perkiraan yang akan dicapai.
4.      Memimpin staff dan bawahannya.
5.      Mengawasi  jalannya operasional  kitchen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar